Langsung ke konten utama

Tutorial Menambah Data Dengan MySQL Pada PHP


Hallo kawan-kawan masih berjumpa lagi di blog 1nformas1, kali ini blog 1nformas1 ingin bagi-bagi ilmu lagi nih seputar PHP, masih berhubungan dengan post sebelumnya yaitu menampilkan data pada database dengan PHP, kini blog 1nformas1 akan mengulas sedikit tentang bagaimana sih cara kita menambah data atau insert data pada database melalui pemrograman PHP. Yoyoyo tanpa menunggu se-per sekian jam, mari langsung simak gan materinya. Cekidot.


*Peringatan : Untuk datanya kita masih menggunakan data pada database dokter, jika kalian ada yang belum punya filenya, silahkan di download pada postingan sebelumnya.

Oke gan, sis. Langsung ke langkah pertama, siapkan file tambahdata.php. Simpan di tempat yang sama seperti file koneksi.php dan lihatdata.php kemarin.


Lalu langsung saja ketikkan script berikut di dalam file tambahdata.php



Script di atas merupakan sebuah form yang nantinya digunakan untuk menambahkan data ke dalam database.


Penjelasan :


* <h1> : Merupakan tag HTML yang merupakan singkatan dari header, yang dimana biasanya digunakan untuk memberi judul.


* <form> : Merupakan tag HTML yang digunakan untuk membuat form, tampak dalam tag form memiliki beberapa properti, antara lain properti action yang digunakan untuk mengarahkan kemana data akan diproses selanjutnya, saya isikan kosong karena nanti data yang diinputkan akan diproses dalam satu file. Kedua properti method yang merupakan sebuah metode bagaimana nantinya data dikirim, apakah nanti data dikirim menggunakan metode dengan fungsi POST atau GET. Terakhir adalah properti name yang digunakan istilahnya untuk menandai/menginisialisasi nama data yang nantinya dikirim.


* <p> : Merupakan tag HTML yang digunakan untuk membuat sebuah paragraf.
* <input> : Sesuai dengan namanya tag input berguna untuk memasukkan atau menginputkan data apa sih yang ingin kita inputkan, biasanya di dalam tag input sering disisipi bermacam-macam property, seperti property type yang dimana property ini menurut saya seperti sebuah fitur yang menyediakan tempat bagi kita untuk memasukkan sebuah data, salah satu contoh type yang saya gunakan di atas adalah type teks, yang artinya nanti kita akan disediakan sebuah field kosong yang akan kita gunakan untuk mengisikan inputan yang ingin kita masukkan, kemudian property name yang sudah kita jelaskan di atas.
* <button> : Merupakan tag HTML yang digunakan untuk menampilkan sebuah tombol/button dengan property submit yang nantinya akan mengecek setelah semua data diinputkan, apakah data yang kita inputkan di atas cocok dengan form dengan inisial nama tambah? Jika cocok data akan diproses di file action yang telah ditentukan.



Jadi alur soure code di atas adalah pertama kita nantinya akan disuruh menginputkan data-data sesuai kehendak kita namun dalam kategori yang berbeda-beda sesuai form atau formulir tersebut, setelah semua data telah dimasukkan, kemudian di bawah akan menampilkan sebuah button atau tombol untuk menyetujui dan mengecek apakah data yang dimasukkan sudah sesuai dengan formulir jika sudah sesuai maka data tersebut akan diolah sesuai alamat file yang telah ditentukan.



Selanjutnya tolong ketikkan script berikut di atas script form tadi tepatnya di bawah tag <body>
 


Beberapa sintaks atau perintah sudah pernah dibahas di materi sebelumnya seperti perintah include, jadi penjelasan di bawah hanya membahas sintaks-sintaks atau perintah-perintah yang belum pernah dibahas sebelumnya.

Penjelasan Script :
* isset : Merupakan sebuah perintah dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk mengeset sebuah data-data yang diambil dari file sebelumnya, terlihat di dalam perintah isset data diambil dan diset dengan menggunakan metode POST dengan inisial nama yang sama dengan nama formulir sebelumnya. Kemudian data-data yang diambil dari form atau formulir sebelumnya akan ditampung pada variabel yang telah disediakan, nama inisial data yang akan ditampung harus sama dengan inisial nama data pada form.

* $query : Saya buat variabel query untuk menampung query insert ke dalam variabel pada php.

Selanjutnya variabel query tadi akan ditampilkan dengan fungsi mysql_query() dan bila terdapat error juga pada query tersebut maka pesan error tersebut juga akan ditampilkan menggunakan fungsi mysql_error(). Lalu seluruh proses tersebut ditampung ke dalam variabel sql ($sql). 

Berikutnya kita cek apakah variabel sql ($sql) tersebut berhasil ditambahkan, jika berhasil maka akan ada notifikasi atau pemberitahuan pada browser bila data tersebut berhasil ditambahkan pada database dokter dan halaman akan beralih ke halaman lihatdata.php. 

Jika data tidak berhasil maka juga akan ditampilkan pemberitahuan bahwa data gagal ditambahkan dan halaman juga akan beralih ke halaman lihatdata.php, namun dengan data yang masih gagal ditambahkan artinya data tersebut masih belum ada dalam database.

Oke cukup sekian dulu pembahasan untuk kali ini, terus update info terbaru blog 1nformas1 yah, terimakasih telah kunjung dan menyimak artikel kali ini. Semoga hari kalian menyenangkan kawan-kawan. Ditunggu kritik dan sarannya. ^_^
 


 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menampilkan Data Dari Database Dengan PHP

Hallo selamat pagi, siang, sore, dan malam untuk kawan-kawan dimana pun itu, blog 1nformas1 ingin berbagi ilmu kepada kalian terutama untuk yang masih newbie ingin belajar seputar pemrograman web. Yak tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana sih kita menampilkan data yang ada pada database kita ke dalam halaman browser? Kalian penasaran dan tidak sabar ingin mulai? Oke kalau begitu langsung saja cekidot ke materi. Tolong diperhatikan ya kawan-kawan ^_^. Oke sebelumnya saya ingin beritahukan bahwa pada tutorial ini pc yang saya gunakan memakai OS Linux Ubuntu 14.04 jadi mungkin ada sedikit langkah yang berbeda jika kalian menggunakan OS Windows ataupun Mac OS. Yap, selanjutnya tolong download terlebih dahulu database berikut. Ini Link Download Letakkan database di lokasi yang Anda inginkan. Oke mula-mula, kita import databasenya ke dalam phpmyadmin. Caranya dengan membuka browser, entah itu mozilla, chrome, atau browser yang lain, kemudian pada address bar ketikkan (l

Tutorial Menghapus Data Dengan MySQL Pada PHP

Selamat siang semua masih di hari yang sama yaitu H+ 2 idul fitri, kami blog 1nformas1 ingin berbagi sedikit ilmu pengetahuan lagi nih, masih ada kaitannya dengan artikel-artikel sebelumnya, kini blog 1nformas1 akan membahas tentang bagaimana menghapus data pada PHP dengan perintah mysql? Oke seperti biasa persiapkan database dokternya, kemudian buat file baru di text editor kalian dengan nama file yaitu hapusdata.php. Selanjutnya ketikkan script php berikut Oke saya akan jelaskan script di atas. Langkah pertama kita buat perintah include seperti biasanya, yang dimana perintah ini kita hubungkan dengan file koneksi.php. Kemudian kita kita buat perkondisian apakah nama inisial ID_DOKTER yang kita pilih di file sebelumnya ada atau sama? Jika iya maka data dengan nama inisial ID_DOKTER akan disimpan dan ditampung di variabel $iddokter. Sedangkan jika tidak maka proses akan dihentikan dan akan ditampilkan pesan error sebagaimana di atas.  Lalu kita buat perkondisian

Tutorial Mengupdate Data Dengan MySQL Pada PHP

Berjumpa lagi di blog 1nformas1 kawan-kawan, di hari +2 lebaran ini blog 1nformas1 ingin berbagi ilmu kembali pada kawan-kawan, sebelumnya saya selaku admin blog 1nformas1 sekeluarga ingin meminta maaf bila selama ini ada kesalahan pada kawan-kawan semua, entah kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja serta baik kesalahan lewat lisan maupun perilaku. Oke sebagai hadiah hari raya, blog 1nformas1 kali ini akan membahas tentang bagaimana sih kita mengedit data pada database namun lewat script PHP? Tenang di blog 1nformas1 ini admin akan membahasnya. Yup tak perlu menunggu lama lagi, kita langsung saja menuju materi. Seperti biasa persiapkan dahulu database dokternya. Untuk yang belum punya silahkan mendownload di sini. Untuk langkah pertama mari kawan-kawan ketikkan script berikut Sudah sering kita jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang masing-masing fungsi atau kegunaan dari beberapa sintaks atau perintah di atas, jadi kali ini kami akan