Langsung ke konten utama

Tutorial Menampilkan Data Dari Database Dengan PHP


Hallo selamat pagi, siang, sore, dan malam untuk kawan-kawan dimana pun itu, blog 1nformas1 ingin berbagi ilmu kepada kalian terutama untuk yang masih newbie ingin belajar seputar pemrograman web. Yak tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana sih kita menampilkan data yang ada pada database kita ke dalam halaman browser? Kalian penasaran dan tidak sabar ingin mulai? Oke kalau begitu langsung saja cekidot ke materi. Tolong diperhatikan ya kawan-kawan ^_^.

Oke sebelumnya saya ingin beritahukan bahwa pada tutorial ini pc yang saya gunakan memakai OS Linux Ubuntu 14.04 jadi mungkin ada sedikit langkah yang berbeda jika kalian menggunakan OS Windows ataupun Mac OS. Yap, selanjutnya tolong download terlebih dahulu database berikut.
Ini Link Download

Letakkan database di lokasi yang Anda inginkan.

Oke mula-mula, kita import databasenya ke dalam phpmyadmin. Caranya dengan membuka browser, entah itu mozilla, chrome, atau browser yang lain, kemudian pada address bar ketikkan (localhost/phpmyadmin/). Saya asumsikan bahwa kalian telah menginstall LAMP pada pc kalian. Setelah itu akan tampil halaman seperti berikut.


Kemudian langsung saja klik Go untuk masuk ke dalam phpmyadmin. Setelah masuk, silahkan buat database baru dengan nama dokter seperti gambar di bawah ini.


Kemudian klik tombol Create, cek pada daftar database apakah database dokter sudah terbuat apa belum.

 
Karena ini hanya sebuah database kosong tanpa isi, maka kita import file .sql  yang telah kawan-kawan download tadi ke dalam database dokter tadi, kira-kira seperti ini lah cara importnya

Klik kolom Import, setelah itu klik tombol Browse....


Pilih file berformat .sql yang telah di download tadi, lalu klik Open


Setelah selesai scroll ke bawah hingga bertemu tombol Go, lalu klik tombol tersebut.


Taraaaa... "Database lengkap" sudah berhasil dibuat

Kemudian klik database dokter tersebut dan pilih tabel dokter, klik kolom structure.



Dapat dilihat kalau tabel dokter memiliki atribut berupa id, nama, alamat, no handphone, spesialisasi dokter, dan jenis kelamin dokter.

Langkah berikutnya buka text editor, di sini saya menggunakan text editor Sublime Text. Buat file dengan nama koneksi.php dan simpan di lokasi berikut


Untuk kata "Dokter" pada lokasi di atas merupakan sebuah folder yang saya buat, jadi terserah kalian namakan apa folder tersebut. Setelah selesai maka tinggal klik tombol Save.

Lalu ketikkan script seperti pada gambar di bawah ini.



Pada gambar di atas terdapat fungsi mysql_connect dengan parameternya yang berguna untuk mencocokkan apakah nama user, host, dan password sesuai dengan yang dimaksud, jika tidak maka program akan dihentikan dan akan muncul kalimat "koneksi gagal". Sedangkan fungsi mysql_select_db digunakan untuk memilih atau mengecek apakah database yang dipakai sesuai dengan database yang terdapat di localhost/phpmyadmin/ jika database tidak ditemukan maka program akan berhenti dan akan ditampilkan kalimat "database tidak ditemukan".

Untuk $user, $host, $pass, dan $db adalah nama dari sebuah variabel. Dimana variabel $user digunakan untuk menyimpan nama user, variabel $host untuk menampung nama alamat host yang digunakan, variabel $password untuk menampung password yang digunakan pada phpmyadmin, jika tidak ada password silahkan dikosongkan, dan terakhir variabel $db digunakan untuk menampung nama database yang nantinya digunakan.

Sebenarnya nama variabel tergantung pada keinginan kita dan perlu diingat, bahwa pada bahasa pemrograman web PHP, jika ingin membuat variabel maka kita harus awali nama variabel yang ingin kita buat dengan tanda dollar ($).

Oke lanjut materi, kali ini kita akan menampilkan isi dari database yang kita buat pada PHP. Langkah awal mari kita buat file baru pada text editor dengan nama terserah kalian, contoh di sini saya buat file tersebut dengan nama lihatdata.php.



Setelah selesai simpan di lokasi yang sama seperti file koneksi.php, selanjutnya kita hubungkan file tersebut dengan file koneksi yang tadi telah kita buat, dengan script sebagai berikut.


 
Penjelasan sintaks :

* <?php : merupakan sintaks pembuka pada php yang berfungsi sebagai pembatas dan pemberitahu bahwa nanti script yang akan ditulis di dalamnya adalah script yang berisi perintah-perintah php, penutup dari sintaks ini adalah ?>

* include : merupakan perintah dalam php yang berguna untuk menyertakan dan mengevaluasi seluruh program yang ada di file yang disertakan, jika terdapat error maka error tersebut akan ditampilkan di layar. Sedangkan yang ada di dalam kurung merupakan lokasi file tersebut berada.

* ?> : merupakan sintaks penutup pada php yang berfungsi sebagai pembatas dan pemberitahu bahwa nanti script yang akan ditulis di dalamnya adalah script yang berisi perintah-perintah php, pembuka dari sintaks ini adalah <?php.

Langkah berikutnya ketikkan source berikut di bawah perintah include tadi.

 

Penjelasan Sintaks :

*Variabel $no : Berfungsi untuk indeks nomor data yang dimana dimulai dari data pertama atau satu yang nantinya akan ditampilkan dengan menggunakan perintah while, jadi nantinya data/angka pada variabel $no akan melakukan perulangan sebanyak jumlah data pada tabel dokter.

*Variabel $query : Berfungsi untuk menampung query atau perintah sql yang dimana perintah sql di atas berguna untuk menampilkan semua data pada atribut tabel dokter. Maksud bintang (*) pada query di atas adalah untuk menampilkan seluruh data atribut yang ada pada tabel dokter.

*Variabel $sql : Menampung perintah untuk menjalankan query pada variabel $query dengan perintah mysql_query.

*Variabel $hasil : Berisi perintah untuk menangkap data atau mengambil data dari hasil perintah query, jadi nantinya data pada tabel dokter akan ditampilkan sesuai perintah query di atas, kemudian data-data tersebut akan ditangkap dan dibagi dan dibentuk ke dalam array asosiatif dan array numerik.

*Variabel $iddokter sampai Variabel $jenis : Digunakan untuk menampung data dari tabel dokter yang tadinya telah diambil dan dibagi menjadi sebuah array. 

Langkah selanjutnya adalah kita buat sintaks HTML di luar penutup php (?>). Kira-kira seperti berikut ini sintaksnya.

   

Script di atas digunakan untuk nantinya data-data yang sudah kita dapat pada database dokter akan ditampilkan pada halaman browser kita. 

Penjelasan sintaks :

*Tag <table> : Tag yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah table pada HTML, jadi ketika kita ingin membuat tabel, maka kita harus memulainya dengan tag <table> dan di akhiri dengan tag </table>.

*Tag <tr> : Singkatan dari Table Rows yang dimana berguna untuk mendefinisikan baris pada sebuah tabel. Jadi ketika kita ingin membuat baris, maka kita harus memulainya dengan tag <tr> dan di akhiri dengan tag </tr>. Perlu diingat tag tersebut haruslah ditulis di antara tag <table> (<table>”....”</table>). Maksudnya agar HTML sendiri tahu bahwa kita sedang membuat sebuah tabel.

*Tag <td> : Merupakan singkatan dari Table Data yang dimana berfungsi untuk tempat menampung isi atau record suatu tabel. Jadi baris tabel nantinya akan dibagi dengan tag <td> atau Table Data. Perlu diingat juga tag <td> ditulis diantara tag <tr> (<table><tr>”....”</tr></table>).

* echo : Merupakan sebuah perintah pada PHP untuk menampilkan hasil output.

* Variabel $no++ : Lalu kita buat script php lagi yang dimana gunanya hanya untuk increment atau menambah indeks angka, jadi data-data di atas akan terus mengulang dan data pada variabel $no akan terus bertambah hingga menyesuaikan jumlah data pada tabel dokter yang ditampilkan dengan perintah query tadi.

Jadi misal kita punya 10 data pada tabel dokter, terus kita buat variabel $no dengan nilai 1 sebagai patokan data yang diambil dan dijalankan dimulai dari yang pertama, kemudian data pertama tadi akan ditampilkan pada halaman browser kita dan setelah selesai, maka nilai pada variabel $no akan terus bertambah nilai menjadi 2, sama halnya data pertama, data kedua juga akan diambil dan ditampilkan pada halaman browser dengan sintaks HTML, setelah selesai ditampilkan, nilai pada variabel $no akan bertambah lagi menjadi 3, dan begitu seterusnya.

Sekian tutorial kali ini, untuk tutorial selanjutnya silahkan klik alamat berikut  Tutorial Insert Data Dari Database Dengan PHP. Oke kawan-kawan sampai berjumpa kembali. Terimakasih sudah berkunjung. Tetap semangat \\(^_^)//.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghapus Data Dengan MySQL Pada PHP

Selamat siang semua masih di hari yang sama yaitu H+ 2 idul fitri, kami blog 1nformas1 ingin berbagi sedikit ilmu pengetahuan lagi nih, masih ada kaitannya dengan artikel-artikel sebelumnya, kini blog 1nformas1 akan membahas tentang bagaimana menghapus data pada PHP dengan perintah mysql? Oke seperti biasa persiapkan database dokternya, kemudian buat file baru di text editor kalian dengan nama file yaitu hapusdata.php. Selanjutnya ketikkan script php berikut Oke saya akan jelaskan script di atas. Langkah pertama kita buat perintah include seperti biasanya, yang dimana perintah ini kita hubungkan dengan file koneksi.php. Kemudian kita kita buat perkondisian apakah nama inisial ID_DOKTER yang kita pilih di file sebelumnya ada atau sama? Jika iya maka data dengan nama inisial ID_DOKTER akan disimpan dan ditampung di variabel $iddokter. Sedangkan jika tidak maka proses akan dihentikan dan akan ditampilkan pesan error sebagaimana di atas.  Lalu kita buat perkondisian

Tingkatan Bahasa Dalam Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan suatu kumpulan perintah standar untuk memerintah jalannya komputer. Bahasa pemrograman juga biasa disebut dengan bahasa komputer. Pada era saat ini banyak sekali kita jumpai bermacam-macam bahasa pemrograman baru yang lahir atau tercipta dari programmer-programmer handal di dunia, misalnya James Gosling yang berhasil membuat bahasa pemrograman Java yang sebelumnya bernama Oak atau Dennis Ritchie yang mampu menciptakan bahasa pemrograman C++ yang saat ini masih dipercaya dan dipakai oleh kebanyakan programmer di dunia. Berbicara soal bahasa pemrograman sendiri sebenarnya bahasa pemrograman memiliki tingkatan-tingkatan tergantung dengan kedekatan bahasa pemrograman tersebut dengan mesin komputer. Maka dari itu kita akan mengulas satu demi satu tingkatan-tingkatan yang ada dalam bahasa pemrograman beserta maksud dari tingkatan bahasa itu sendiri. Tingkatan bahasa perograman berdasarkan kedekatannya terhadap mesin komputer, terdiri dari: Bah